Cetak Uang Palsu, Ibu Rumah Tangga Ditangkap

Cetak Uang Palsu, Ibu Rumah Tangga DitangkapKORANKITO.com Palembang – Seorang ibu rumah tangga bersama adik angkatnya ditangkap polisi karena nekat mencetak dan mengedarkan uang palsu dari kertas HVS senilai Rp7 juta.

Dari tersangka Nurhasanah, 38, dan Sarnubi, 21, warga Sungai Pinang, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan (Sumsel), disita barang bukti berupa mesin fotokopi merk Epson, printer merk Epson, laptop merk Acer, gunting, kertas HVS, tinta merk Epson dan 60 lembar uang palsu pecahan Rp 50 ribu senilai Rp 3 juta yang belum sempat diedarkan.

Nurhasanah mengakui perbuatannya itu dilakukan sejak dua pekan terakhir dan telah diedarkan untuk membeli barang keperluan sehari-hari di warung dekat rumahnya. “Uangnya buat belanja pak, seperti beli baju, sayur, dan rokok. Kembaliannya bisa dapat Rp 300 ribu uang asli,’’ ujarnya.

Menurutnya, perbuatan itu terpaksa dilakukan sebab terbelit masalah ekonomi setelah suaminya tidak lagi bekerja. Lalu ia pun mengajak adik angkatnya itu mencoba belajar mencetaknya dengan membuka situs di internet. “Belajar sendiri saat saya buka internet pak, karena saat cetakan pertama berhasil, akhirnya saya perbanyak” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol R Djarod Padakova menerangkan, penangkapan kedua tersangka itu berawal saat pihaknya mendapat laporan dari korban ke polisi beberapa waktu yang lalu.

“Memang sudah lama kami mendapat laporan dari masyarakat yang menjadi korban dari kedua tersangka, Akibat ulahnya, kedua tersangka ini akan terancam Pasal 244 dan 245 KUHP dengan ancaman hukuman penjara di atas 15 tahun,’’ tukas Djarod.

Djarod mengimbau, dengan kejadian itu diharapkan masyarakat waspada dengan mengecek sejumlah uang dengan jumlah pecahan besar agar dapat terhindar dari para pelaku. (Kardo)