Terhalang Razia, Aksi Curanmor Heryanto Kandas

Aksi Curanmor Heryanto KandasKorankito.com, Palembang – Heryanto (28), warga Jalan Slamet Riyadi Lorong Jaya Nomor 1400 RT 14 RW 04 Kelurahan Kutobatu Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang ini, kini harus merasakan dinginnya lantai hotel prodeo Polsek Ilir Timur (IT) II Palembang, lantaran dirinya tertangkap tangan mencuri sepeda motor milik korban, Nanang (19).

Dari informasi yang berhasil dihimpun, jika penangkapan tersebut berawal saat petugas Mapolsek Ilir Timur (IT) II Palembang, melakukan Razia yang tak jauh dari rumah korban, Senin (8/2) sekitar pukul 23:00 WIB.Saat dirazia, tersangka kedapatan membawa senjata tajam berupa satu bilah pisau yang sempat ia simpan dibagian punggungnya.

Tak lama berselang, saat tersangka kedapatan membawa sajam, tiba-tiba korban dan warga yang memang mengejar pelaku, langsung melaporkan pencurian tersebut kepetugas yang saat itu sedang menahan tersangka yang membawa motor Yamaha Fiz R bernopol BG 5163 MK, yang tak lain adalah milik korban.

“Tertangkapnya saat razia pak, karena membawa senjata tajam jadi saya sempat ditahan dulu. Saat ditahan, korban datang melihat motor miliknya, dan langsung lapor petugas,” ujar tersangka, Selasa (9/2).

Dihadapan petugas, tersangka yang mengaku bekerja sebagai buruh bangunan ini mengatakan, jika aksi nekatnya tersebut bermula saat dirinya tengah berjalan pulang dari selesai minum-minum bersama rekannya sehabis bekerja di kawasan pasar 16 ilir sekitar pukul 22:30 WIB.

Saat melewati rumah korban, tiba-tiba muncul niat tersangka yang saat itu langsung mencuri motor korban yang terparkir sendiri. “Waktu itu sedikit dalam keadaan mabuk, jadi saya timbul niat untuk mencuri motor yang saat itu sedang terparkir,” ungkap tersangka.

Keberhasilan tersangka pun tak berbuah manis, ditengah jalan, dirinya pun harus dihadang oleh petugas yang melakukan razia. Beberapa saat kemudian korban yang dari belakang sudah membututi tersangka langsung melaporkan kepada petugas, jika motor yang ia curi adalah motor hasil curian.

Kapolsek Ilir Timur (IT) II Palembang, Kompol Afria Jaya melalui Wakapolsek Akp Biladi Ostin menjelaskan, jika tersangka terlebih dahulu ditangkap karena petugas menggelar razia, saat diperiksa tersangka kedapatan membawa senjata tajam.

“Sudah kita proses, barang bukti berupa motor korban juga sudah kita amankan. Saat ini tersangka akan dijerat Pasal 363 KUHP, namun untuk undang-undang darurat tentang kepemilikan senjata tajam (sajam) kini masih kita usahakan untuk dinaikan, kemungkinan tersangka akan dikenakan pasal berlapis” tukasnya. (Kardo)