Bisa Dipercaya

Ini Alasan Bekasi Pilih Palembang Sebagai Tempat Belajar

BekasiKorankito.com, Palembang – Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bidang Pemerintahan kota Bekasi, melakukan Studi Banding dengan Pemerintah Kota Palembang, guna meningkatkan pelayanan publik kecamatan di kota Bekasi.

Menurut Ketua Komisi A DPRD kota Bekasi, Ariyanto Hendratama mengatakan, dipilihnya kota Palembang sebagai tempat untuk melakukan Studi Banding, lantaran banyak kesamaan. Diantaranya luas wilayah kecamatan, jumlah penduduk dan pendapatan daerah.

“Palembang dengan Bekasi itu hampir sama, tidak jauh-jauh beda. Seperti, jumlah wilayah kecamatan, penduduk, serta pendapatan daerah saja sudah hampir sama, makanya kita pilih Palembang,” ujar Ariyanto saat ditemui usai acara, di ruang rapat Assisten I Pemkot Palembang, Selasa (2/2).

Berita Sejenis

Dirinya menambahkan, jika pihaknya banyak mendapatkan ilmu dari pemerintah kota Palembang, seperti pelaksanaan hak paten dan kewenangan perizinan yang dilimpahkan oleh Walikota kepada kecamatan-kecamatan di wilayah kota Palembang.

“Jadi, banyak ilmu yang didapatkan disini. Yang paling menarik itu, mengenai kewenangan perizinan yang dilimpahkan ke kecamatan. Kalau di sana, baru ada empat izin, sedangkan di Palembang, sudah ada sembilan. Ini akan kita perdalam lagi, apakah akan diterapkan di Bekasi juga,” tuturnya.

Kedatangan 11 anggota DPRD Bekasi, 2 Sekretaris Camat, dan 2 Lurah di Kota Bekasi tersebut, disambut oleh Assisten I Bidang Pemerintahan Kota Palembang, Harobain Mustofa beserta staf di wilayah Pemkot Palembang

“Kita bangga dan senang telah ditunjuk sebagai tempat sharing program pemerintahan oleh pemerintahan Bekasi. Memang banyak kesamaan dengan kita, terutama jumlah penduduk. Kalau Pendapata Asli Daerah (PAD), tinggi mereka sedikit dari kita,” tutup Harobain Mustofa. (Denny Pratama)