Aswari Rivai Serahkan Bantuan Korban Banjir

Bupati Lahat, Aswari Rivai, saat menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur

Bupati Lahat, Aswari Rivai, saat menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur

Korankito.com – Bupati Lahat, Aswari Rivai, mengunjungi lokasi banjir di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Lahat, Selasa (26/1), guna menyerahkan bantuan kepada korban banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu.

Untuk bantuan dari Bupati Lahat ini, dibagi dalan beberapa kategori, yakni kategori berat menerima uang bantuan sebesar Rp15 juta, kategori sedang menerima Rp7,5 juta, sedangkan kategori ringan menerima Rp3 juta.

Bupati Lahat, Aswari Rivai berharap, bantuan uang tersebut diharapkan bisa digunakan para korban banjir untuk memperbaiki rumah yang rusak akibat banjir. Selain bantuan uang, pihaknya juga memberikan bantuan sembako dan obat-obatan.

“Pemkab Lahat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penanggulangan bencana ini. Baik itu dari pihak DPRD Lahat, Polres Lahat, Kodim 0405 Lahat, BPBD Lahat, Dinas Sosial dan beberapa relawan tanggap darurat bencana,” ujar Aswari dalam sambutannya, usai penyerahan bantuan.

Ia juga mengatakan jika bantuan itu tidak terlalu besar, namun setidaknya dapat membantu korban banjir untuk memperbaiki kerusakan yang dialami. Bencana ini datang tiba-tiba akibat cuaca ekstrim.

“Untuk itu kita harus saling menguatkan satu sama lain. Kepada warga yang berada dipinggiran sungai dan saluran air, agar bersedia direlokasi. Tapi bukan paksaan, melainkan berdasarkan musyawarah masyarakat demi keselamatan bersama,” jelasnya.